Materi gambar teknik tentang ukuran kertas gambar

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing tulisan yang berjudul Materi gambar teknik tentang ukuran kertas gambar untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :


Kertas gambar yang biasa digunakan imempunyai ukuran standar. Ukuran yang banyak digunakan adalah dari seri A. Seri A mempunyai ukuran standar yang dinyatakan dengan angka 0,1,2,3 dan seterusnya. Yang diletakkan di belakang huruf A. Ukuran kertas 0 adalah 1 m2 dengan perbandingan panjang terhadap lebar 1 : 2 . Ukuran-ukuran berikutnya diperoleh dengan membagi dua ukuran yang pendahulunya. Misalnya ukuran A3 mempunyai setengah ukuran A2, dan sebagainya. Untuk jelasnya ukuran kertas gambar dari seri A ini dapat dilihat pada Tabel dibawah. Pada umumnya kertas gambar diletakkan dengan sisi yang panjang mendatar, kecuali untuk kertas ukuran A4, yang sisi panjangnya diletakkan vertikal. Pada Tabel dibawah ini menunjukkan juga ukuran garis tepi dari masing-masing ukuran kertas

a) Kertas gambar putih (manila/padalarang), kertas sketsa dan kertas milimeter digunakan untuk gambar tata letak yang digambar dengan pensil.
b) Kertas kalkir, digunakan untuk gambar asli, yang kemudian dapat dibuat gambar cetak biru (blue print) atau cetak kontak (contact print).

c) Film gambar, digunakan untuk mendokumentasikan gambar yang pengawetannya sangat diperlukan serta tidak boleh memuai atau menyusut. Adapun untuk format kertas yang dipakai adalah:
please Like / Tweet
please Share....

Related Posts:

0 Komentar di "Materi gambar teknik tentang ukuran kertas gambar"

Post a Comment