Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Jenis Kertas Cetak Foto Photo Lengkap Dengan Gambar

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing tulisan yang berjudul 16 Jenis Kertas Cetak Foto / Photo Lengkap Dengan Gambar untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :



16 Jenis Kertas Cetak Photo / Foto Lengkap Dengan Gambar

Berikut ini 16 macam jenis kertas cetak foto yang dapat digunakan untuk mencetak foto anda lengkap dengan penjelasanya

Sebelumnya mungkin Banyak yang bertanya, sebenarnya jenis kertas foto itu apa saja ? Apa perbedaanya, apa fungsinya, dan dimana digunakan kertas tersebut? Nah setelah baca baca dari sana sini serta ambil beberapa kesimpulan mungkin ini menjadi salah satu tulisan yang dapat menjawab rasa penasaran anda tentang jenis kertas foto yang biasa digunakan

1. Kertas HVS

Pengertian dan definisi kertas HVS. HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda), yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas jenis HVS  dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.
Gambar Kertas HVS Ukuran Folio atau F4


Kertas HVS merupakan kertas tulis berkualitas tinggi yang muncul dengan berbagai ukuran. Baik ukuran dimensi (p x l) maupun ukuran berat. Di Indonesia kertas HVS biasanya diproduksi dengan 3 tingkat ukuran berat yaitu 60 gr, 70 gr dan 80 gr. Sementara ukuran dimensi kertas HVS biasanya dibuat dalam 2 pilihan, yaitu kertas HVS ukuran Kuarto dan kertas HVS ukuran Folio.

Kertas HVS ukuran Kuarto adalah sebutan untuk kertas HVS berukuran A4, yaitu 21 x 29,7 cm.. atau jika dalam satuan milimeter adalah 210 mm x 297 mm. Sedangkan kertas HVS ukuran Folio adalah kertas HVS berukuran 21.5 x 33 cm. atau 210 mm x 330 mm .

Bahan kertasnya agak kasar, umumnya dipakai untuk Fotocopy / Printer Deskjet. Kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku. Kertas jenis HVS dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

2. Art Paper  / Matt Paper

Kertas ini biasa digunakan untuk Bahan brosur, karena permukaannya yang licin (art paper), atau yang semi doff (matt paper). Selain karena licin, hasil yang dihasilkan juga bagus, karena raster kertasnya halus. Kertas art paper ini kurang bisa menyerap air sehingga kurang cocok digunakan dengan printer yang menggunakan tinta dye / dye base yang merupakan tinta berbahan dasar air. Tinta yang cocok digunakan untuk mencetak dengan media kertas art paper ini adalah tinta art paper yang didesain khusus untuk head printer Epson.

3. Art Karton

Bahan kertas ini sama seperti art paper, cuma gramasinya lebih tebal. Banyak digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, co profile,brosur, dan cetakan lainnya yang memerlukan kertas agak tebal. Umumnya setelah di cetak, bahan ini dilapisi laminating lagi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan. Sama seperti kertas art paper, kertas ini tidak bisa digunakan dengan tinta dye dan harus menggunakan tinta art paper yang didesain khusus untuk head printer Epson.

4. Matte / Doff paper

kertas matte/ doff  paper dan kertas glossy
kertas Jenis ini Sangat mudah menyerap tinta sehingga bisa dipakai untuk menyembunyikan kualitas tinta dan printer sekaligus tidak memantulkan cahaya. Mencetak foto warna bisa dilihat dari keperluannya. Kalau untuk dibingkai atau banyak dipegang-pegang, kertas doff lebih awet dan tidak lengket. Kertas jenis ini seringkali menjadi rekomendasi untuk kertas cetak foto dengan hasil yang bagus.

5. Sublime Paper

sublime paper / sublimation paper
Kertas jenis ini bukan digunakan untuk mencetak foto sebagai pajangan dirumah, di dompet atau untuk dibingkai tetapi kertas ini digunakan sebagai mediator (media perantara) transfer gambar ke t-shirt (kaos). Jadi bila kita ingin sebuah gambar dipindahkannya ke t-shirt (kaos) maka gunakanlah jenis Sublim Paper karena kertas ini mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.

6. Double-Side Paper

Jenis kertas ini double side paper mampu digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya (depan dan belakang). Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup bagus, tidak terlalu mengkilap dan cenderung doff. Jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak pamflet atau selebaran yang biasanya digunakan untuk sarana promosi, sehingga para konsumen dapat melihat di kedua sisinya.
Double side Photo Paper (sumber epson )

7. Fiber Matte

Kertas Fiber Base atau Kertas Fiber Matte paling tahan umurnya, karena dia menggunakan kertas dengan PH netral (biasa disebut Archival Paper). jika tahan lama maka kertas jenis ini dapat digunakan dan cocok untuk pengarsipan berkas.

8. Premium Glossy foto Paper

Kertas jenis ini biasa disebut oleh para penggunanya dengan sebutan high glossy, kertas jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Kertas jenis ini sangat cocok untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi. Walaupun harga kertas ini lebih mahal tetapi jika kita gunakan, akan menghasilkan cetakan foto yang maksimal dan lebih cerah.

9. Sticker Glossy foto Paper

Gambar Kertas Sticker / Kertas Photo untuk di tempel berbentuk stiker


Gambar Kertas Stiker
Sering kita menjumpai sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, jenis ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

10. Laster foto Paper

Laster foto paper biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff, dan sangat cocok untuk foto dengan resolusi tinggi. Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk adalah ciri khas untuk membedakan dengan jenis kertas lain. Ketahanan hasil cetakan membuat para konsumen puas, mungkin jenis ini bisa menjadi pertimbangan jika kita ingin serius di dunia digital foto printing.

11. Glossy foto Paper / glanz paper

Contoh Gambar Kertas Glossy
Kertas ini merupakan jenis standar cetak foto. Dengan jenis kertas yang mengkilap, permukaan memantulkan cahaya, permukaan lebih lengket terhadap kaca pigura dan putih mampu menghasilkan cetakan yang standar. Dapat digunakan untuk foto resolusi tinggi dan harga kertas yang relatif murah (standar cetak foto).

12. Canvas Paper

Contoh Gambar  Canvas Paper, salah satu jenis Kertas Photo 
Jenis kertas ini jika kita gunakan untuk mencetak foto akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan. Hasil akhir cetakan akan menampilkan foto yang persis dengan kertas canvas.

13. Inkjet Paper

Contoh Gambar  Inkjet Paper
Kertas ini kurang cocok untuk keperluan digital foto printing, jenis kertas inkjet ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis, seperti mencetak sketsa gambar, proof arsitektur rumah, grafik bar, dan sebagainya. Kualitas kertasnya lebih bagus dari jenis HVS karena serapan pada tinta lebih bagus dan cepat kering.

14. Metallic Paper

Seperti kertas glossy, tetapi kertas Metallic Paper lebih mengkilap lagi, ada sedikit warna keemasan /metalik. Metallic paper mempunyai permukaan halus dan terlihat agak mengkilat. Sangat cocok dengan namanya karena ada titik-titik metallic pada permukaan kertas ini.
Metallic Photo Paper (sumber: amazon.com)


15. Metallic + Laminating Paper

Hampir sama dengan metallic paper namun pada salah satu sisi ada plastik atau sejenisnya yang menutupi.

16. Silky Paper

Permukaan kertas lembut namun tidak mengkilap. Daya lekat tinta cukup tinggi sehingga tinta tidak mudah bercecer. Sekaligus bagian permukaan kertas ini tidak mudah terbawa oleh head printer membuat hasil cetakan menjadi lebih baik.
Contoh Gambar Kertas Jenis Silky Paper (Sumber. Bukalapak)

Sumber : kaskus,
www.kamusq.com/2012/09/kertas-hvs-pengertian-dan-definisi.html

gambar : google.com

11 komentar untuk "16 Jenis Kertas Cetak Foto Photo Lengkap Dengan Gambar"

  1. My brother recommended I may like this website.
    He was once entirely right. This put up truly made my day.
    You cann't imagine simply how much time I had spent for this info!
    Thank you!

    BalasHapus
  2. I am regular reader, how are you everybody? This article posted at this web site is really nice.

    BalasHapus
  3. Keep on writing, great job!

    BalasHapus
  4. I have read so many articles on the topic of the blogger lovers but this paragraph
    is truly a pleasant piece of writing, keep it up.

    BalasHapus
  5. Highly descriptive blog, I enjoyed that bit. Will there be a part 2?

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Hello everybody, here every one is sharing these kinds of experience, thus it's pleasant to
    read this website, and I used to pay a quick visit this website all the time.

    BalasHapus
  8. Great post but I was wondering if you could write a litte
    more on this subject? I'd be very thankful if you could elaborate a little bit
    further. Kudos!

    BalasHapus
  9. I was recommended this web site through my cousin. I am now not positive whether
    or not this publish is written by way of him as no one else know such designated about
    my trouble. You are amazing! Thanks!

    BalasHapus
  10. Hi there, for all time i used to check blog posts here early in the morning, as i enjoy to gain knowledge of more and more.

    BalasHapus
  11. Hi would you mind sharing which blog platform you're working with?
    I'm planning to start my own blog soon but I'm having a hard time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I'm looking for something completely unique.
    P.S Sorry for being off-topic but I had to ask!

    BalasHapus

Berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti untuk pengembangan website www.griyachumaidi.com