Contoh Soal Pilihan Ganda USBN Bahasa Indonesia 2019 + Jawaban #bagian 1

Sahabat pembaca www.Griyachumaidi.com, semoga dalam keadaan Sehat, dan mendapatkan yg di cari disini, jika ada waktu bacalah hingga selesai.
Berikut ini Contoh Soal Pilihan Ganda USBN Bahasa Indonesia 2019 + Jawaban #bagian 1

Petunjuk Pengerjaan Soal

Silahkan anda Pilih jawaban yang anda anggap paling benar dari soal pilihan ganda berikut ini :

1. Cermati penggalan teks ulasan berikut
Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini menceritakan kisah  kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit kemiskinan. Pada bab pertama buku ini, Dia menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal. Pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri.
Makna kata dia yang bergaris bawah merujuk pada...
A.    Sang Pemimpi
B.     Laskar Pelangi
C.     Andrea Hirata
D.    Ariai
E.     Jimbron
2. Cermati teks berikut
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus pedagang antarnegara. Beberapa petani diberbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani, jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.
Makna tersirat teks tersebut adalah...
A.    Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis.
B.     Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola
C.     Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit.
D.    Jeruk nipis di tanam dalam kebun yang luas.
E.     Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri, tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri.
3.     Cermati paragraf berikut!                  
Lasik adalah Laser-Assisted In Situ Keratomileusis, sebuah prosedur untuk memperbaiki penglihatan yang kabur atau rusak menggunakan sinar laser. Lasik adalah sebuah operasi yang secara permanen mengubah bentuk kornea mata untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan mengurangi ketergantuangan orang pada penggunaan kacamata atau lensa kontak. Lasik menggunakan sinar laser ultraviolet untuk menghilangkan jaringan kornea mata dan memberi bentuk baru sehingga cahaya bisa fokus dengan jelas pada retina. Operasi Lasik menyebabkan kornea mata menjadi lebih tipis. Lasik merupakan prosedur operasi yang mudah dan tidak perlu perawatan inap untuk pasien. Prosedur ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Bius atau anestesi yang digunakan hanya sejenis tetes mata yang membuat permukaan mata menjadi mati rasa.    
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A.   kendala operasi lasik
B.   pengertian  operasi lasik
C.   keunggulan operasi lasik
D.   sasaran operasi lasik
E.    manfaat operasi lasik

4. Cermati teks berikut.
Karena para petani gagal panen, harga beras melambung tinggi sehingga rakyat semakin sengsara. Harga tersebut semakin tidak terkontrol karena belum ada perhatian dari pemerintah. Jumlah persediaan beras tidak sebanding dengan kebutuhan rakyat. Berapa pun harganya, rakyat tetap membeli karena beras merupakan bahan makanan poko sehari-hari.
Ide pokok paragraf tersebut adalah...
A.    Kegagalan panen para petani
B.     Melambungnya harga gas
C.     Kurangnya persedian beras bagi petani
D.    Kurangnya perhatian pemerintah terhadap petani
E.     Beras makanan pokok sehari-hari masyarakat.
5.     Cermati paragraf berikut!
Pemakaian sumber minyak bumi yang sangat besar untuk berbagai keperluan telah menguras sumber-sumber minyak bumi dunia sehingga persediaan minyak bumi dunia semakin lama semakin berkurang. Bila tidak ditemukan sumber energi lain sebagai sumber energi alternatif, dalam waktu yang tidak lama lagi dunia akan mengalami krisis energi. Memang sampai sekarang minyak bumi masih merupakan sumber energi utama berbagai keperluan kehidupan manusia, terutama untuk berbagai macam industri dan transportasi.

        Simpulan paragraf tersebut adalah …
A.   Dunia akan mengalami krisis energi.
B.   Persediaan minyak bumi dunia semakin berkurang.
C.   Perlunya sumber energi alternatif dalam kehidupan.
D.   Pemakaian sumber minyak bumi sangat besar.
E.    Minyak bumi bukan satu-satunya sumber energi utama.
6. Cermati teks berikut.
Warga menggerakkan ekonomi, mereka berdaya, mandiri dan berkontribusi untuk perkembangan kota dengan melakukan berbagai pengembangan. Inti kalimat tersebut adalah...
A.    Warga menggerakkan ekonomi
B.     Mereka budaya dan mandiri
C.     Warga menggerakkan ekonomi dan mandiri
D.    Mereka mandiri dan berkontribusi
E.     Perkembangan kota dengan melakukan berbagai pengembangan
7. Cermati kedua teks berikut:
Teks 1
Sudah sejak lama anggapan menjadi karyawan akan sulit untuk kaya dan sukses.inilah mengapa banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha. Sebab banyak anggapan bahwa jadi seorang pengusahaakan lebih mudah kaya dan sukses ketimbang hanya jadi seorang karyawan. Apakah para karyawan hanya akan menjadi penonton saja tanpa tahu kapan kesuksesan akan datang? Tentu saja tidak. Sebab semua orang punya kesempatan yang sama untuk sukses.
Teks 2
Apa cita-cita anda sewaktu masih kecil? Apakah profesi anda sekarang merupakan perwujudan dari cita-cita tersebut? Jika tidak, anda tidak perlu bersedih. Sebab, menurut studi terakhir yang diproduksi oleh Trade School, Colleges, and Universites, 80 persen karyawan yang produktif bekerja tidak menjalani profesi sesuai cita-cita.
Persamaan kedua teks tersebut adalah...
A.    Kedua teks membicarakan enaknya menjadi pegawai negeri.
B.     Kedua teks membahas pekerjaan yang harus sesuai dengan cita-cita.
C.     Kedua teks menggambarkan sulitnya mencari pekerjaan
D.    Kedua teks menyajikan cita-cita seseorang yang berkaitan dengan bidang pekerjaan.
E.     Kedua teks membicara kan suasana lingkungan pekerjaan.

8. Cermati kedua teks berita berikut.
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.
Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A.       Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B.       Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C.       Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D.       Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
E.        Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa
9. Cermati kedua teks berikut.
Teks 1
Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang sanggup dilihat secara mata telanjang dan penampakannya berlangsung berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala musibah besar. Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang sanggup menyaksikan secara terang ujung Komet Ikeya-Seki yang tampak begitu besar dan seolah- olah akan membelah angkasa.
Teks 2
Gerhana bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Karena kemienteng bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan menjadikan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 titik potong yang disebut node, yaitu titik tempat bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi ketika bulan berposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Seharusnya, kalau terjadi gerhana bulan akan diikuti dengan gerhana matahari dan kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.
Persamaan kedua teks tersebut ialah ....
A.    Mengulas kejadian malapetaka di bumi akhir komet
B.     Membicarakan tanda-tanda alam yang terjadi di ruang angkasa
C.     Menerangkan tanda-tanda alam yang muncul di malam hari
D.    Menguraikan perpindahan bintang atau plguat di alam
E.     Memperkirakan timbulnya peristiwa akhir perubahan alam

10. Cermati kalimat berikut!
Kami ingin mengajak Saudara untuk berpartisipasi dalam mengejar ketinggalan dan keterbelakangan yang ada pada perusahaan ini.

        Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah …
A.   Kami berkeinginan mengajak Saudara guna ikut berpartisipasi dalam mengejar ketinggalan dan keterbelakangan yang ada pada perusahaan ini.
B.   Kami ingin mengajak kepada Saudara untuk berpartisipasi agar mengejar ketinggalan dan keterbelakangan yang ada pada perusahaan ini.
C.   Kami ingin ajak Saudara untuk partisipasi dalam mengejar ketertinggalan dan keterbelakangan yang ada pada perusahaan ini.
D.   Kami ingin mengajak  Saudara untuk berpartisipasi dalam mengatasi ketinggalan dan keterbelakangan yang ada pada perusahaan ini.

E.    Kami menginginkan mengajak Saudara untuk partisipasi di dalam mengejar ketinggalan dan keterbelakangan yang ada pada perusahaan ini.

Mungkin cukup sampai disini ,Tidak ada salahnya anda juga membaca artikel yang lain di website ini Terima kasih telah berkunjung di www.Griyachumaidi.com dan Kunjungi channel youtube kami di Griya chumaidi sampai jumpa di lain kesempatan jangan lupa bagikan, Subscribe like dan share agar lebih bermanfaat kepada yang lain, dan kunjungi lagi dilain waktu agar tidak ketinggalan informasi tentang update terbaru kami .

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pilihan Ganda USBN Bahasa Indonesia 2019 + Jawaban #bagian 1"

Posting Komentar

Berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti untuk pengembangan website www.griyachumaidi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel