-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL 20 JENIS KERTAS YANG BANYAK DI PASARAN LENGKAP

MENGENAL 20 JENIS KERTAS YANG BANYAK DI PASARAN LENGKAP

Jenis kertas dengan berbagai macam bentuk dan fungsi dapat dijumpai di sekitar kita. Baik itu dalam bentuk buku, majalah, koran bahkan pembungkus makanan ada yang terbuat dari kertas. Dari berbagai macam jenis kertas tersebut, tahukah kamu kalau kertas-kertas itu ada namanya tersendiri.

 

20 JENIS KERTAS DI PASARAN

Berikut ini adalah nama-nama jenis kertas yang biasa digunakan untuk print di digital printing dan aplikasinya :

 1.    HVS ( Houtvrij Schrijfpapier / dari bahasa Belanda ).

     Kertas warna putih biasannya digunakan untuk fotocopy atau print. Dengan ukuran A4-A0 ada pula yang F4 dan Q4.

Ketebalan kertas ini juga bervariasi, ada yang 70 GSM , 80 GSM yang biasa dipakai . dan jenis kertas ini paling banyak digunakan di kantor dan di dunia pendidikan

2.    Silky Paper

Permukaan kertas lembut namun tidak mengkilap. Daya lekat tinta cukup tinggi sehingga tinta tidak mudah bercecer. Sekaligus bagian permukaan kertas ini tidak mudah terbawa oleh head printer membuat hasil cetakan menjadi lebih baik.

3.    HPL.

     Kertas warna-warni ( merah, kuning, hijau, biru ) jenis kertas HVS tapi tersedia hanya ukuran F4. Digunakan untuk pembatas buku skripsi. Bisa juga untuk brosur print BW( blackwhite ). Dan juga sering dibuat untuk undangan yang murah serta bisa digunakan untuk pembuatan dokumen lainnya yang berdasarkan kertas berwarna

 Ketebalan kertas ini juga bervariasi, ada yang 70 GSM , 80 GSM yang biasa dipakai .

4.    Canvas Paper

 Jenis kertas ini jika kita gunakan untuk mencetak foto akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan. Hasil akhir cetakan akan menampilkan foto yang persis dengan kertas canvas.

5.    ( Art Paper ).

     Kertas warna putih yang lentur dan tipis serta agak mengkilap, digunakan untuk cetak kertas, isi majalah, leaflet, annual report, kalender dan pelapis hardcover.

Rata rata pada bisnis percetakan juga sering menggunakan kertas jenis ini

 

6.    MP ( Matte Paper ).

     Hampir sama dengan art paper cuma yang ini tidak mengkilap. Kalau bikin pin biasanya pakai jenis kertas yang ini.

Kertas ini banyak juga digunakan untuk cetak foto, seperti jika kita lihat pada settingan kertas saat mengatur properties printer, disana ada pilihan matte paper

7.    Sublime Paper

 sublime paper / sublimation paper

Kertas jenis ini bukan digunakan untuk mencetak foto sebagai pajangan dirumah, di dompet atau untuk dibingkai tetapi kertas ini digunakan sebagai mediator (media perantara) transfer gambar ke t-shirt (kaos). Jadi bila kita ingin sebuah gambar dipindahkannya ke t-shirt (kaos) maka gunakanlah jenis Sublim Paper karena kertas ini mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.

8.    AC ( Art Carton ).

     Lebih tebal dari art paper dan matte paper. Aplikasinya untuk kartu nama, poster, foto, undangan, isi buku, kalender meja, cover majalah ( soft cover ).

 

9.    Concorde.

     Dengan warna putih atau krem jenis kertas yang bertekstur ini ada yang tipis dan tebal. Untuk print kop surat dan sertifikat.

 

10. BW ( Blues White ).

     Putih dengan gramatur tebal dengan tekstur yang terasa jelas/agak kasar karakter dari kertas ini. Biasa untuk print kartu nama dan sertifikat.

 

11. Coronado.

     Mirip dengan BW cuma teksturnya yang lembut yang membedakan jenis kertas ini dengan Blues White.

 

12. Fancy.

     Tekstur yang jelas dan bisa dibilang agak kasar adalah ciri kertas yang satu ini. Kartu nama, kartu ucapan, undangan bisa dibuat dengan kertas yang satu ini.

13. Double-Side Paper

Jenis kertas ini double side paper mampu digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya (depan dan belakang). Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup bagus, tidak terlalu mengkilap dan cenderung doff. Jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak pamflet atau selebaran yang biasanya digunakan untuk sarana promosi, sehingga para konsumen dapat melihat di kedua sisinya.

14. Kalkir.

     Kertas transparan untuk print gambar kerja atau gambar sablon. Tersedia ukuran A0, A1, A2.

Jika di dunia TEKNIK , apalagi teknik SIPIL, TEKNIK Bangunan, TEKNIK MESIN, kertas ini biasa digunakan untuk menggambar teknik. Dan dimana untuk menulisnya harus menggunakan pensil RAPIDO.

15. Sticker.

     Kertas sticker untuk print sticker.

Kertas jenis ini berbentuk lapisan dimana lapisan utama untuk di print dan lapisan keduanya bisa dikelupas, karena bisa di tempelkan yang sudah ada perekatnya

 

16. Samson.

     Adalah kertas daur ulang dengan warna coklat. Digunakan untuk cetak paper bag atau packaging, jenis kertas ini biasa disebut juga kraft linear.

 

17. Linen.

     Kertas dengan banyak pilihan warna ( lebih dari 10 warna ) bertekstur dan tebal, kertas ini cocok untuk cover buku. Ada jenis kertas yang hampir sama dengan kertas linen ini yaitu kertas buffalo.

 

18. Omega / Asturo.

     Kertas warna-warna dengan ukuran kurang lebih double A3. Biasa difungsikan sebagai cover, khususnya untuk cover buku hardcover yang menggunakan poly ( lapisan untuk menghasilkan warna seperti warna emas/perak ).

Kertas ini di pasaran juga bayak yang berukuran F4

 

19. BC ( Brief Card ).

     Warna kertas putih, jika mengenal buku gambar waktu kita sekolah SD dulu, kurang lebih jenisnya seperti kertas tersebut. Di digital printing kertas BC digunakan untuk membuat buku hardcover. Difungsikan untuk menyambungkan isi dengan cover.

 

20. HSSD ( Hybrid Super Standard ).

     Kertas yang berbentuk seperti kertas buram, dengan beratnya yang lebih ringan dari HVS. Biasanya kertas ini digunakan untuk buku bacaan komik, Novel dan lain lain, Dimaksudkan agar saat membaca tidak silau karena kertas yang terang, sehingga mata tidak mudah lelah saat membaca.

 

Sumber :

printkudigital.blogspot.com

google.com

Posting Komentar untuk "MENGENAL 20 JENIS KERTAS YANG BANYAK DI PASARAN LENGKAP"