-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti istilah video, standar , Jenis-jenis, frame rate , dan fungsi video analaog dan digital

Arti istilah video, standar , Jenis-jenis, frame rate , dan fungsi video analaog dan digital

Video Adalah merupakan teknologi yang gunanya menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan serta menata ulang gambar bergerak.

 

Perbedaan video analog dan video digital

Video analog biasanya menggunakan film seluloid atau sinyal elektronik

Sedangkan Digital video merupakan jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Dan biasanya digital video direkam dalam tape, lalu didistribusikan melalui optical disc, misalnya seperti VCD dan DVD.

 

Standar video berdasarkan negara tertentu dan kecepatan Frame Ratenya di dunia sebagai berikut:

 1.    Standard Format PAL dengan Frame Rate per detik (fps) 25, digunakan oleh Negara:

PAL (Phase Alternating Line)

  •    Indonesia
  •  China
  • Australia
  • Uni Eropa

 

2.    Standard Format SECAM dengan Frame Rate per detik (fps) 25, digunakan oleh Negara:

SECAM(Sequential Color with Memory)

·         Prancis

·         Timur Tengah

·         Afrika

3.    Standard Format NTSC dengan Frame Rate per detik (fps) 29,97, digunakan oleh Negara:

NTSC(National Television System Committee)

·         Amerika

·         Jepang

·         Kanada

·         Korea

 

Standar Video Digital

Standar dari suatu video telah disepakati yang nantinya akan berpengaruh pada hasil kualitas video yang diproduksi, setiap standar mempunyai kecepatan yang berbeda tergantung dari jumlah frame yang diterapkan.

Dalam standar video semakin besar frame rate maka akan semakin halus gerakan yang ditampilkan, namun jika dilihat dari sisi ukuran file nya maka semakin besar file yang dihasilkan.


jenis-jenis format video antara lain :

 

Motion Picture Expert Group (MPEG)

MPEG (Motion Picture Expert Group) adalah nama organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan standar pengkodean citra bergerak. Pertemuan pertama terjadi pada bulan Mei 1998 di Ottawa, Kanada.

Namun kini MPEG sebagai berkas dengan nama singkatan yang berbeda yaitu Moving Picture Expert Group.

 

Beberapa standar yang dikembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3. Encoding MPEG-2 digunakan pada video CD, sementara MPEG-3 menjadi populer dengan tampilnya lapisan audio (audio layer) MPEG-3, yang dikenal dengan MP3.

 

MPEG dikembangkan menjadi beberapa kategori:

 

MPEG-1, standar pengompresan suara dan gambar pada Video CD termasuk juga sebagai lapisan audio 3(audio layer 3) MP3 format kompresi untuk suara (audio).

MPEG-2, standar untuk penyiaran suara dan gambar over-the-air televisi digital ATSC, DVB dan ISDB, satelit televisi digital Dish Network, sinyal digital cable television dan juga DVD

MPEG-3, standar untuk High-definition television HDTV

MPEG-4, pengembangan dari MPEG-1 untuk mendukung objek suara/gambar televisi tiga dimensi (3D)

FLV

FLV adalah format file video yang didedikasikan untuk mengirimkan video melalui internet.

FLV Ini adalah format file kontainer yang kompatibel dengan Adobe Flash. FLV memiliki penyandian audio dan video yang mirip dengan file SWF (yang dapat digunakan untuk menyandikan video Flash). Seiring dengan F4V, FLV adalah produk dari Adobe Systems dan karenanya didukung oleh Adobe Flash Player. Namun, pengembang asli FLV adalah Macromedia, yang dibeli / di akuisisi oleh perusahaan Adobe. FLV didukung sebagai format file video default oleh banyak situs video populer seperti metacafe.com, YouTube, VEVO dan Hulu. Banyak penyedia berita populer seperti Reuters.com menggunakan FLV. FLV perlahan-lahan menjadi sangat populer mengalahkan pesaing lain seperti RealVideo dan WMV.

AVI (*.avi)

File jenis Avi merupakan Audio Video Interleave. Yang pertamakali diperkenalkan oleh microsoft di tahun 1992 sebagai format multimedia yang menyesuaikan antara video dengan audio.

 

 

Media pemutaran video juga berbeda beda cara dan fungsinya simak berikut ini,

Media Player merupakan player multimedia yang bisa dijadikan sebagai plugin pada webbrowser guna memainkan format file video AVI dan MPG. Media Player ini dikembangkan oleh Microsoft Corp

Real Player merupakan player multimedia yang bisa dijadikan sebagai plugin pada webbrowser guna memainkan format file suara Real Audio dan format file video Real Video. Real Player ini dikembangkan oleh Real Networks

 

Windows media player, merupakan media player bawaan windows yang paling standar

Quick Time, biasanya wajib digunakan untuk editing video maupun animasi, merupakan software yang Dibuat oleh perusahaan Apple, Banyak digunakan untuk transmisi data di Internet.

Quick Time Mempunyai beberapa track yang terdiri dari auido, video, images, dan juga text sehingga masing-masing track terdiri dari file-file yang terpisah.

Biasanya hanya bisa memutar video dengan format file .qt dan .mov.

 

Winamp adalah Aplikasi perangkat lunak yang bisa memutar berbagai macam format file video seperti: .dat, .mov, mpeg, mp4, .wmv, .avi, dan masih banyak lagi.

 

Selain jenis-jenis berdasarkan  format filenya, berikut ini adalah jenis-jenis Video berdasarkan tujuan dari pembuatannya, antara lain:

Jenis Video Berdasarkan Tujuan Pembuatannya

VIDEO CERITA

Cerita : Video yang memiliki tujuan sebagai sesuatu yang memaparkan cerita.

 

VIDEO DOKUMENTER

Dokumenter : Video yang merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan untuk kemudian dijadikan data atau dokumen.

 

VIDEO BERITA

Berita : Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita untuk orang banyak.

 

VIDEO PEMBELAJARAN

Pembelajaran : Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan bisa diputar ulang.

 

VIDEO PRESENTASI

Presentasi : Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan dari kelompok atau seseorang.

  

Sumber : materi.carageo.com

meilanila.wordpress.com   

Google

Wikipedia



Mungkin cukup sampai disini ,Tidak ada salahnya anda juga membaca artikel yang lain di website ini Terima kasih telah berkunjung di www.Griyachumaidi.com dan Kunjungi channel youtube kami di Griya chumaidi sampai jumpa di lain kesempatan jangan lupa bagikan, Subscribe like dan share agar lebih bermanfaat kepada yang lain, dan kunjungi lagi dilain waktu agar tidak ketinggalan informasi tentang update terbaru kami .

Posting Komentar untuk "Arti istilah video, standar , Jenis-jenis, frame rate , dan fungsi video analaog dan digital"