Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Contoh Soal Lengkap jawaban pada 12 Prinsip Dasar Animasi kelas 11 dan 12 SMK

Sahabat pembaca www.Griyachumaidi.com, semoga dalam keadaan Sehat, dan mendapatkan yg di cari disini, jika ada waktu bacalah hingga selesai. 

14 Contoh Soal Lengkap jawaban pada 12 Prinsip Dasar Animasi kelas xi dan xii SMK

1.    Mengapa kita harus belajar tentang prinsip dasar animasi?

 karena dengan menggunakan prinsip dasar animasi hasil karya animasi yang dibuat tidak hanya
terlihat bergerak saja melainkan harus terlihat dinamis hidup dan alami seperti seadanya di alam

2.     Apa saja 12 prinsip dasar animasi?

 ada 12 prinsip dasar animasi di dalam buku the illusion of Life yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berikut ini:

  • 1.       squash and stretch and stretch
  • 2.       anticipation
  • 3.       staging 
  • 4.       Straight ahead and pose to pose
  • 5.       follow through and overlapping action
  • 6.       slow in and slow out
  • 7.       arcs
  • 8.       secondary action
  • 9.       timing and spacing
  • 10.   Appeal
  • 11.   exaggeration
  • 12.   Solid drawing
 itulah 12 prinsip dasar animasi

3.    Apa yang dimaksud dengan squash and stretch

 Squash And Stretch biasa digunakan Kan untuk membuat ilusi kekerasan suatu permukaan atau sebuah objek.  sebagai contoh yang paling dasar adalah tentang bola kemudian permukaan tanah liat
ataupun air air

4.     apa apa yang dimaksud dengan anticipation?

 Anticipation adalah prinsip yang memberikan kesan gerak ancang-ancang atau permulaan sebelum animasi bergerak aslinya

 contoh dalam film animasi Tom and Jerry sebelum Tom mengejar Jerry maka Terkadang ada
gerakan yang yang sebelum berjalannya

5.     Apa yang dimaksud dengan  staging ?

Staging adalah gerak keseluruhan dalam sebuah adengan harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasanan atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene

6.     Apa yang dimaksud dengan  Straight ahead and pose to pose

Straight ahead

Straight ahead adalah metode dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama, kedua, ketiga,dan seterusnya

Pose to Pose

Pose to Pose yaitu segala pergerakan sudah diplanning terlebih dahulu, atau gambar utama, tiap kunci
gerakan saja

7.    Apa yang dimaksud dengan  follow through and overlapping action

 yaitu tambahan gerak yang berfungsi memperkuat dan mempertegas, sehingga menambahkan kesan dimensi dan lebih berkesan hidup pada saat nganimasi karakter.

8.     Apa yang dimaksud dengan  slow in and slow out

Slow in & slow out
adalah ilusi untuk membuat percepatan atau perlambatan (acceleration) sehingga
dapat menimbulkan kesan tertentu

9.     Apa yang dimaksud dengan  arCS

Arcs adalah pembuatan
animasi dengan memperhatikan sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang
atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya). Contohnya
gerakan tangan, kaki, memutar kepala, dan gerakan bola mata semuanya dilakukan
dengan mengikuti sebuah kurva.

 10. Apa yang dimaksud dengan  secondary action

Secondary action akan
menambah dan memperkaya gerakan utama, yaitu tambahan gerak yang berfungsi
memperkuat dan mempertegas, sehingga menambahkan kesan dimensi dan lebih
berkesan hidup pada saat nganimasi karakter

11.  Apa yang dimaksud dengan  timing and spacing

Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.

12.  Apa yang dimaksud dengan  Appeal

Appeal adalah tentang bagaimana kita membuat karakter kita menjadi menarik, enak dilihat dan tidak selalu harus yang lucu seperti yang banyak orang pikirkan. Setiap karakter dalam animasi haruslah mempunyai daya tarik yang unik, yang membedakannya dengan karakter yang lain

13. Apa yang dimaksud dengan  exaggeration

Exaggeration adalahgerakan pengembangan dari gerakan normal dan bersifat melebih-lebihkan atau
upaya untuk mendukung suatu animasi dalam bentuk rekayasa gambar, musik atau
latar belakang yang bersifat hiperbolis.

14. Apa yang dimaksud dengan  Solid Drawing

Solid drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2d memiliki unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku dan tampak 3d.

 contoh soal sebelumnya tentang dasar animasi silahkan lihat di Soal dan jawaban animasi 2D dan 3D pada bab prinsip dasar pembuatan animasi 2D


Posting Komentar untuk "14 Contoh Soal Lengkap jawaban pada 12 Prinsip Dasar Animasi kelas 11 dan 12 SMK"