Apa Yang Anda Ingat di bulan Ramadhan? Adakah yang sama dengan Cerita Ramadhan ini? bagian 2

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing tulisan yang berjudul Apa Yang Anda Ingat di bulan Ramadhan? Adakah yang sama dengan Cerita Ramadhan ini? bagian 2 untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :

sebelumnya di bagian pertama masih sama pertanyaanya, jika kita berbicara ramadhan dengan teman teman kita, dan diminta menceritakan hal yang paling anda ingat, apa yang paling anda ingat?
Adakah yang anda ingat sama seperti yang disini?

Atau jika sama sebagian yang bagian mana dan nomer berapa saja yang anda ingat terus?
Pada bagian pertama sudah dibahas nomor 1 sampai dengan 7,

8.    Buka bareng teman
Kalo anda pernah merantau atau pernah sekolah yang jauh dari orang tua, hal yang paling disukai dan untuk melalaikan sedikit kesedihan karena ndak bisa buka bareng keluarga yaitu dengan berbuka bareng teman teman.

Buka bareng jadi tambah asik dibandingkan buka sendiri sendiri di kosan. Selain alternatif yang nomor 7 yaa.... kalo ada yg nomor 7 pasti lebih asyik juga bareng teman.
kalo yang belum baca cerita sebelumnya dapat membaca di link berikut ini


9.    Makan kekenyangan
Ini lah penyakitnya yang kadang banyak diderita pada teman teman yang puasa... karena saking laparnya pas nahan puasa dari subuh hingga maghrib, maka pas buka puasa rasanya semua makanan dan minuman terasa sangat lezat dan nikmat. Sampai kadang kadang pas mau berdiri dari tempat makannya tak terasa perut dah terlalu kekenyangan, sampai agak gimana gitu rasanya.... haha ha.. mungkin dari sahabat ndak ada yang ngalami yaa...?
  
10. Tarawih
Ini lah salah satu ibadah yang khusus dibulan ramadhan, dimana di bulan lain ndak pernah saya dengar yang melakukanya...

Sebagai seorang muslim sebagian besar pasti merasakan yang namanya sholat tarawih, baik di mushola maupun di masjid, baik yang sholatnya cepat, atau yang biasa biasa saja.

Sholat tarawih ini juga menjadi salah satu momen yang biasanya banyak diinget sampai tua , bahkan yang sudah pindah rumah pun masih ingat ... dulu pas tarawih, begini dan begitu. Imamnya ini dan itu. Dah pokoknya rata rata inget dengan momen tarawih di bulan ramadhan

11. Tadarus
Tadarus adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan membaca alquran, bersama sama di mushola atupun di masjid. Tadarus ini sangat identik dengan ramadhan penyebutanya.

Tadarus dilakukan oleh anak anak, pemuda, ibu ibu, dan bapak bapak, yang biasanya memang sudah bisa membaca Alqur,an dan dalam proses tadarus ini, ada yang membaca dan ada yang menyimak, yang menyimak bertugas untuk membenarkan jika ada kesalahan pembacaan oleh yang sedang membaca alquran. Proses ini berganti gantian biasanya, dimana pembaca nantinya akan berganti sebagai penyimak, dan bergilir secara terus menerus hingga waktu telah selesai.

12. Bangunin sahur
Makan Sahur dilakukan di dini hari sebelum waktu subuh. Jika telah datang waktu subuh maka kegiatan yang namanya sahur ini sudah tidak ada lagi, dan tidak dibolehkan bagi yang berpuasa. Oleh karena itu biasanya ada di desa atau ditempat tempat tertentu yang mengadakan kegiatan bangunin sahur. Dan bangunin sahur ini jadi tambah asyik jika dilakukan ramai ramai, dan pakai alat musik seadanya yang dipukul dan menghasilkan suara musik cirikhas khusus bangunin sahur ramadhan.

Tapi jika ditempat anda tidak ada kegiatan ini, kadang yang bangunin sahur yaa orang tua kita semua. Kalo orang tua jauh ya sediain aja deh jam weker atau alarm hp anda masing masing... tapi jangan pula alarm hidup trus dimatikan, balik tidur lagi,,,, he h eh e, siap siap aja bangun kesiangan tanpa makan sahur... J
13. Makan sahur
Waktu pertama tama bulan puasa,saat makan sahur ini ada yang sambil ngantuk ngantuk, ada pula yang merasa aneh makan kok dini hari, karena takutnya besok siag keahausan, banyak pula yang minum banyak banyak.
Tapi ada sebuah tips yang baik buat sahabat semua yang perlu dicobain. Mekan sahur seperti biasa, minum secukupnya saja. Dan pas terakhir yang sudah ndak makan dan minum lagi, minumlah air putih hangat.

Saat penutup sahur, air putih hangat akan membersihkan tenggorokan kita dari sisa makanan dan sisa minyak minyak, jika kita makan gorengan, dan masakan yang berminyak. Nah jika tenggorokan bersih, di siang hari tetap akan terasa haus, tapi biasanya ndak sampai haus banget. Coba aja ya...

14. Lari maraton
Banyak anak anak kecilyang suka dibulan ramadhan setelah makan sahur lari maraton, sambil ketemu dengan rombongan rombongan lain dijalan, atau sambil cerita cerita sama kawanya, dah asik deh pokoknya yang pernah ngalamin...
15. Tidur
Kegiatan yang tak dilupakan saat bulan ramadhan adalah tidur. Karena kata pak ustadz “tidur itu ibadah” jadi pas disiang hari, capek , lemas, haus, panas panas. Paling cocok tinggal tidur kali yaa ....
Itu bagi yang punya waktu luang... tapi kalo anda bagi ayng sibuk kerja ya ndak bisa deh tidur....

Catatan : jangan tidur seharian yaa... kan ibadah nggak tidur aja, kerja , mengaji, sekolah juga termasuk ibadah. Jika kita niatkan untuk ibadah.
Tidur jadi pilihan terbaik jika keadaanya begini menurut penulis. “lebih baik tidur(ibadah), dibandingkan seumpama tidak tidur malah berbuat dosa (ngerumpi, ngerjain orang, mengumpat , dll )”

Oke sahabat semua, itulah 15 cerita ramadhan yang masih teringat dibenak penulis. Apakah anda juga mengalami semua? Atau yang mana yang menurut anda paling berkesan?



Baca Juga....

Related Posts:

0 Komentar di "Apa Yang Anda Ingat di bulan Ramadhan? Adakah yang sama dengan Cerita Ramadhan ini? bagian 2"

Post a Comment