Apa Yang Anda Ingat di bulan Ramadhan? Adakah yang sama dengan Cerita Ramadhan ini ?

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing tulisan yang berjudul Apa Yang Anda Ingat di bulan Ramadhan? Adakah yang sama dengan Cerita Ramadhan ini ? untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :


Sahabat griyachumaidi.com , jika kita berbicara ramadhan dengan teman teman kita, dan diminta menceritakan hal yang paling anda ingat, apa yang paling anda ingat?

Adakah yang anda ingat sama seperti yang penulis disini?

Atau jika sama sebagian yang bagian mana dan nomer berapa saja yang anda ingat terus?
Atau jika tidak ada yang sama, boleh lah diceritain, biar sahabat pembaca griyachumaidi.com dapat membaca kisah kisah anda yang mungkin jadi inspirasi, atau mengingatkan pembaca pada suatu masa diwaktu mereka sedang asyik menjalani bulan ramadhan.

Sahabat..... bulan ramadhan adalah salah satu bulan yang biasanya memiliki ciri yang unik, kegiatan didalamnya juga banyak yang membuat seseorang ingat sampai waktu yang lama, bahka mungkin ada yang ingat sampai bisa diceritakan kepada anak cucu...

ramadhan adalah bulan yang istimewa. Dikatakan istimewa, karena menyimpan banyak kenangan yang tk terlupakan, yang terkadang momen ini tidak akan ada di bulan lainya, atupun jika ada tak seramai dan semenarik diwaktu bulan ramadhan berikut ini kira kira yang masih ingat tentang ramadhan .

1.    Bikin lampu dari bambu
Ini ni, yang mungkin tidak banyak orang alami, dimana di setiap mendekati bulan ramadhan, dulu ditempat kami dah siap siap nyari bambu yang masih basah, yang kecil dan dibersihkan dengan rapi, dipotong dan dalamnya diisi pakai minyak tanah, dan terakhir di bagian atasnya dikasih kain penutup yang bisa nyerap minyak, agar bisa selalu basah dengan minyak.

Kalo sore alat ini dah siap deh, baik dari isinya sudah dicukupi, tempatnya juga sudah disiapkan di dekat pintu keluar rumah, dan diperiksa apa ada yang bocor atau tidak.

Malam menjelang, habis buka puasa menjelang tarawih, hidupin dah lampu bambu ini untuk dibawa ke mushola terdekat ramai ramai bapak ibu dan kawan kawan , dengan sangat asyik sambil cerita ... kalo lampunya agak redup, di jungkit tuh bambu, biar sumbunya basah lagi.... dan cahayanya pun terang..... ayo ada ndak yang pernah ngalami...?

2.    Main long dari bambu
LONG,  sebenarnya alat ini punya banyak nama. Tapi alat ini ditempat kami dinamakan dengan LONG, apa mungkin karena bentuknya yang panjang, dan dulu piter bahasa inggris kali ya... he he h he.

Alat ini terbuat dari bambu yang bisa dipotong agak panjang sekitar 4 ruas, dimana ruas yang paling bawah dibiarkan tertutup dan ruas yang lain di lubang hingga menembus 3 ruas. Sedangkan bagian dekat ruas paling bawah diberi lubang untuk mengisi minyak dan sumbu.

Alat ini bisa menghasilkan bunyi BUNG... Bung...... Bung...  setiap kali dihidupkan, terus ngidupinya bareng bareng.. rame deh bersaut sautan bunyinya. Biasanya dihidupkan di sore hari sambil nuggu buka.

3.    Mancing
Memancing sebenarnya sih walaupun ndak ramadhan juga banyak yang mancing, tapi..... rasanya kalo mancing ikan pas ramadhan rasanya beda aja gitu, sambil nuggu sore, siang sampai agak sore ini lah aktifitas yang bisa melalaikan perut lapar dan haus dan dahaga, karena melihat dan asiiknya melakukan aktifitas pemancingan

4.    Beli lilin
Bagi yang mbak mbak atau adik adik perempuan, dulu biasanya banyak yang ngumpulin uang jajan nya untuk dibelikan lilin lilin kecil, yang biasanya dihidupin diwaktu malam didepan rumah atau teras rumahnya masing masing. Kadang juga dikumpulin banyak banyak untuk nugguin pas malam terakhir ramadhan biasnya ada takbir hari raya idul fitri yang biasanya ada takbir keliling.

Nah pas waktu menjelang takbir keliing itulah lilin ditata rapi banyak banyak berderet dan dihidupkan, yang menambah suasana malam takbir jadi tambah ramai dan asiik serta kelihatan meriah.

5.    Kembang api
Kembang api banyak jenisnya. Kalo dulu kembang api yang kecil yang murah, yang didalamnya ada besinya, yang bisa digantung dipohon.. kalo tidak gitu, kadang sudah dibuatkan tangkai dan kembang apinya dapat di tancapkan ke tangkai... lihat kembang api menyala sambil teriak bersama kawan kawanya secara gantian ngidupinya jadi tambah asiik suasana malam ramadhan.

6.    Siapin buka puasa
Menjelang berbuka puasa ini banyak yang sibuk bikin es ini lah, es itu lah, kolak, buah , minta dimasakin ini dan itu, banyak deh pokoknya... hayoo,... ada yg sama ndak dengan sahabat sekarang...?

Kayak semua yang disiapkan nanti pokoknya mau dimakan semua. Eh menjelang buka puasa, habis minum, makan, belum sampai dihabiskan, tak terasa penuh dan berat rasanya perut. Jadi yang disiapin banyak banyak, ternyata yang mampu dimakan ya secukupnya saja.

7.    Nyari buka gratis
Kalo yang satu ini mungkin ndak banyak yang mengalami yaa..... karena tidak semua suka gratisan, dan tidak semua tempat ada gratisanya.... J

Kalo dikota kota, biasanya dimasjid masjid tertentu banyak yang menyediakan makan buka gratis, walaupun jumlahnya terbatas.

Dan kalo yang pengalaman ini... dah bakalan tahu menunya dimasijid ini kira kira apa, disana apa, dan banyak dikitnya... jadi banyak juga yang suka coba coba ramai ngajakin kawan yuk kita ke masjid ini sore ini.. besok kesana ya yang lebih enak... dan biasanya ada ceramahnya sebelum berbuka..


Tapi sebagian ada yang niatnya Cuma nyari buka gratis, ndak terlalu nyimak ceramahnya... bagaimana dengan sobat griyachumaidi.com ? ada yang pernah ngalami juga kah?

Anda ingin baca kelanjutanya? Silahkan lanjutkan pada judul yang sama pada part2 di blog ini

Belum ada Komentar untuk "Apa Yang Anda Ingat di bulan Ramadhan? Adakah yang sama dengan Cerita Ramadhan ini ?"

Posting Komentar

Berikan komentar anda sesuai judul artikel, terimakasih komentar anda membantu perbaikan di website www.griyachumaidi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel sesuai

Artikel Menarik lainya :