Jenis-jenis Angket

Jenis-jenis Angket
    Angket dapat dibagi menurut sifat jawaban yang diinginkan (1) tertutup (2) terbuka atau (3) kombinasi kedua macam itu dan cara menyampaikan atau administrasi angket itu.

Angket tertutup
    Angket tertutup terdiri atas pertanyaan atau pernyataan dengan sejumlah jawaban tertentu sebagai pilihan. Responden mencek jawaban yang paling sesuai dengan pendiriannya.
    Angket bentuk serupa ini dipilih bila peniliti cukup menguasai materi yang akan ditanyakan. Selain itu dianggap bahwa responden juga cukup mengetauinya, sehingga dapat mengantisipasi jawaban-jawaban yang dapat diberikan dalam angket sebagai alat pengukur sikap misalnya, yang menunjukkan gradasi intensitas sikap.

Angket sebagai alat ukur selalu bersifat tertutup.
Contoh :
-    Setujukah Saudara penggunaan hukuman jasmani dalam pendidikan?
Ya – tidak

Angket terbuka
Angket ini memberi kesempatan penuh memberi jawaban menurut apa yang dirasa perlu oleh responden. Peneliti hanya memberikan sejumlah pertanyaan berkenaan dengan masalah penelitian dan meminta responden menguraikan pendapat atau pendiriannya dengan pajang lebar bila diinginkan.
Contoh :
-    Hukuman apakah yang plaing sering Saudara berikan ?

Kombinasi angket terbuka dan angket tertutup
    Banyak angket yang menggunakan kedua macam angket ini sekaligus. Di samping angket yang tertutup yang mempunyai sejumlah jawaban ditambah alternatif terbuka yang memberi kesempatan kepada responden memberi jawaban di samping atau di luar jawaban yang tersedia.
Contoh :
    Yang pernah digunakan oleh dosen ialah alat pengajaran :
-    Gambar            -   radio
-    Film            -   televisi
-    Overhead projector    -   diagram    -   …………………
    Angket tertutup dipilih bila peneliti dapat mengantisipasi atau meramalkan lebih dahulu jawaban yang akan keluar. Ada hal-hal yang mudah dikategorikan, misalnya jenis kelamin, usia, lama pendidikan, agama, partai politik, dan lain-lain. Demikian pula intensitas mengenai sikap dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju.
    Angket terbuka digunakan bila jawaban tidak dapat diantisipasikan karena sukar dimasukkan dalam sejumlah kategori, atau peneliti belum sepenuhnya mengenal populasi yang sedang diselidiki.
Contoh :
-    Cara-cara pelajar mencontek ialah ………………

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Angket"

Posting Komentar

Berikan komentar anda berkaitan sesuai judul artikel, terimakasih atas komentar anda yang membantu perbaikan di website www.griyachumaidi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel sesuai

Artikel Menarik lainya :