Ringkasan Materi KK 1 Etimologi Multimedia Definisi dan Kategori Multimedia # part 1

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing tulisan yang berjudul Ringkasan Materi KK 1 Etimologi Multimedia Definisi dan Kategori Multimedia untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :



Kompetensi :  Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang multimedia
Dan indikator pencapaianya sebagai berikut:
1.  Mendefinisikan multimedia  menurut etimologi (berdasarkan kamus/ensiklopedi) secara benar

2.  Mendifinisikan Multimedia  menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer) secara tepat.


Dalam pembahasan ini pokok pembahasanya adalah apa yang dimaksud dengan multimedia? Dan apa definisi multimedia dalam dunia komputer ?

Definisi multimedia :
1. Pada awalnya berdasarkan pembahasan para ahli Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.

2. berdasarkan situsnya wikipedia : Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi

3. berdasarkan kamus besar bahasa indonesia (KBBI)
multimedia/mul·ti·me·dia/ /multim├ędia/ (termasuk kata benda / noun) 1 berbagai jenis sarana: usaha pembangunan untuk -- dunia komunikasi, pendidikan, dan sebagainya mendapat prioritas utama; 2 penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks;
-- massa bermacam-macam sarana alat komunikasi masyarakat (surat kabar, radio, televisi, dan sebagainya): -- massa mempunyai peranan yang sangat vital

Dari ketiga sumber dapat disimpulkan bahwa multimedia dapat digunakan di dunia pendidikan dan khusunya teknik informatika dan komputer

Multimedia  menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer) adalah penggunaan komputer untuk menggunakan berbagai sarana (suara , tulisan /text , dan gambar) sebagai sarana alat komunikasi untuk menyampaikan informasi.

Gabungan dari 3 elemen dasar multimedia yang berupa tulisan , suara dan gambar dapat menghasilkan berbagai media yang berupa animasi maupun video, yang saat sekarang juga digunakan sebagai media interaktif lainya.

Penggunaan multimedia banyak digunakan di dunia pendidikan, dunia bisnis, dan dunia hiburan

Contohnya di dunia pendidikan multimedia digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik, membuat animasi sebuah siklus mesin, membuat video tutorial, dan lain sebaginya.

Contohnya di dunia bisnis digunakan untuk membuat profill perusahaan, media persentasi produk yang menarik, iklan, dan lain sebagainya.

Contohnya di dunia hiburan digunakan untuk membuat produksi film, animasi, pembuatan suasana panggung dan lain sebaginya.

Sebenarnya sekarang ini multimedia berkembang sangat cepat dan sangat luas, dimana multimedia digunakan pada dunia game dan juga dunia hiburan yang talah mengkombinasikan tidak hanya film bergerak maupun animasi yang hanya menggunakan gabungan suara text dan gambar yang hanya dinikmati oleh indra penglihatan maupun indra pendengaran.

Sejak ditemukanya film 3 dimensi dan 4 dimensi, multimedia mulai dikembangkan dengan unsur kinetik (gerak ) dan juga unsur bau . yang akan dapat dinikmati menggunakan indra penciuman kita.

Itulah sedikit tentang definisi multimedia yang dapaat kami sampaikan, semoga bermanfaat.





Yuk...Like And Share..Artikel Ini

Sahabat mungkin perlu membaca Juga tentang

Related Posts:

0 Komentar di "Ringkasan Materi KK 1 Etimologi Multimedia Definisi dan Kategori Multimedia # part 1"

Posting Komentar

Berikan komentar anda berkaitan sesuai judul artikel, terimakasih atas komentar anda yang membantu perbaikan di website griyachumaidi.com