Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Tata Cahaya Yang Cukup Banyak Di Pakai Di Dunia Film, Konser, Studio Maupun Shooting

Sahabat pembaca dan adik adikku mari sekarang kita belajar peralatan tata cahaya, seperti yang di publikasikan oleh bang miftahudin zaini , ini sangat cocok untuk diketahui terutama rekan pengguna peralatan multimedia baik dari peserta didik yang sedang belajar peralatan tata cahaya, maupun pendidik yang mengajar tata cahaya, langsung saja ini lah beberapa peralatan tata cahaya yang cukup banyak di pakai di dunia film , konser, studio maupun shooting.

1. PAR 64 (Parabolic Aluminized Reflector 64)
Berisi bohlam PAR 64 dengan kapasitas 1000 Watt ,Bohlam PAR sendiri terdiri dari 3 (tiga) macam, yaitu CP 60 (very narrow spot), CP 61 (medium/narrow spot), dan CP 62 (flood)


Penggunaan macam bohlam PAR ini biasanya ditentukan dari posisi peletakan dan keperluan dari acara tersebut alat ini Terbuat dari aluminium Terdiri dari 2 warna, yaitu hitam dan silver Dilengkapi dengan filter frame Biasanya disertakan juga warna dari filter tersebut

2. Flood halogen/CYC
Berisi bohlam halogen dengan kapasitas 1000 Watt Biasanya digunakan untuk menerangi area panggung atau area audience
3. Fresnel
Berisi bohlam fresnel dengan kapasitas 1000 Watt atau 2000 Watt Penggunaan lampu jenis ini sebagai lampu netral dan biasanya dipakai untuk keperluan studio TV, yang memerlukan kejernihan hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera video
4. Effect lights
Salah satu komponen dari peralatan tata cahaya yang akhir-akhir ini sering dipergunakan adalah lampu efek yang terbagi dalam 2 (dua) jenis, yaitu scanner dan moving light. Sama seperti peralatan tata cahaya yang lain, berbagai merek lampu efek dapat kita jumpai di pasaran. Kapasitas bohlam biasanya lebih bervariasi, seperti mulai dari kapasitas 250 Watt, 575 Watt, 1200 Watt, bahkan yang terbaru ada yang berkapasitas 1500 Watt dan 2000 Watt.
Peralatan ini dikendalikan secara otomatis melalui komputer atau lighting console
5. Scanners
 Gerakan vertikal: ± 230°
Gerakan horisontal: ± 75°
Alat ini mempunyai gerakan yang cepat karena reflektor berupa cermin dan sekaligus memiliki kelemahan yaitu jangkauan area yang terbatas

6. Moving lights

Gerakan vertikal: ± 540°
Gerakan horisontal: ± 267°
Lampu jenis ini terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu moving light wash dan moving light profile/spot. Perbedaan kedua jenis ini terletak pada gobo
Memiliki beberapa fasilitas yang lebih lengkap daripada scanner, misal pada fungsi iris, zoom atau frost.
Gerakan alat ini relatif lebih lambat daripada scanner tetapi memiliki jangkauan area yang lebih luas
7. Smoke machine
Efek asap yang dipergunakan untuk memperjelas garis-garis sinar yang dipancarkan oleh lampu PAR dan lampu efek
Dapat dikendalikan secara otomatis melalui program komputer atau lighting console, atau manual

8. Follow spot

Alat ini dipergunakan untuk menyorot penampil yang ada dipanggung yang menjadi sorotan utama, seperti MC, bintang tamu atau seseorang yang spesial dalam acara tersebut
Kapasitas bohlam beragam, mulai dari 575 Watt hingga 5000 Watt. Demikian juga dengan jenis bohlam. Pengendalian peralatan ini dikendalikan secara manual
9. City Light Color/Wash

Salah satu peralatan yang cukup sering dipergunakan adalah city light color/wash Dipakai untuk membuat nuansa warna pada suatu area acara. Sering difungsikan sebagai alternatif pengganti lampu PAR. Kapasitas bohlam 2500 Watt
Dikendalikan secara otomatis melalui komputer atau lighting console
10. Mirror ball

Berupa bulatan bola yang ditempeli dengan ratusan kaca Tidak menghasilkan sinar tetapi bisa merefleksikan sinar Nama keren yang sering diucapkan adalah “bola disko”

sumber : miftahudin zaini blog

Posting Komentar untuk "Peralatan Tata Cahaya Yang Cukup Banyak Di Pakai Di Dunia Film, Konser, Studio Maupun Shooting"