Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Penting Dalam Simulasi dan Komunikasi Digital dan Multimedia Part 1, Daring Vs Luring

Istilah Penting Dalam Simulasi dan Komunikasi digital (SIMKOMDIG) atau juga Simulasi Digital (SIMDIG) Part 1, Daring Vs Luring

Daring (dalam jaringan) kalau dalam bahasa inggris disebut online.  Sedangkan  luring (luar jaringan) atau lebih dikenal dengan bahasa inggrisnya offline.
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). 


Istilah yang tak kalah penting yaitu Daring berasal dari kata Dalam Jaringan. Hal ini dapat dilakukan apabila user atau juga pengguna yang satu dan yang lainya saling terhubung dengan jaringan, baik dalam jaringan lokal, maupun dalam jaringan secara internasional, misalnya menggunakan jaringan internet.

Ibaratnya si A (Andi ) berada di kota J (Jambi) melaksanakan komunikasi daring dengan si B (Budi) dimana si Budi berada di kota G (Gorontalo) mereka saling berkomunikasi secara langsung via telepon, via video call, maupun via chating yang secara langsung. Hal ini juga disebut dengan komunikasi Daring.

Komunikasi daring dapat dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan (synchronous) maupun dalam waktu yang berbeda (asynchronous). Dalam satu waktu misalnya secara langsung dan dapat ditanggapi realtime antara pihak yang saling berkomunikasi, sebagai contohnya chating whatsap, video calling, chating Telegram, dan lain lain.

Contoh yang daring dalam waktu berbeda, misalnya pengiriman Email, pengiriman berkas secara online, melihat video dari youtube, Dan lain lain.

Kalau sudah kita fahami istilah daring dan luring tersebut, serta bagaimana proses terjadinya, maka kita juga dapat melihat dan media apa saja yang bisa digunakan dalam komunikasi daring. Media yang dapat digunakan yaitu dapat berupa text misalnya digunakan untuk chating secara realtime, Audio (suara) digunakan secara bersamaan maupun terpisah dengan video, misalnya cukup suara menggunakan Conference call ( telpon secara bersama sama). Atau bahkan suara dan video bersama dengan cara Video Conference (VICON), dimana setiap orang bisa saling mendengar dan melihat. Yang dipandu oleh seorang hoster atau admin nya. Vicon ini yang sekarang lagi trending digunakan untuk melakukan training secara online atau juga disebut dengan e-training.

Kembali lagi ke luring , karena sudah disebutkan luar jaringan, maka komunikasinya bisa dibilang secara langsung, secara tatap muka. Kalo dalam pembelajaran misalnya ya murid bertemu gurunya di depan kelas, dimana antar murid dan guru bisa saling bertanya dan saling melihat secara langsung. Tidak memerlukan media perantara antara orang yang berkomunikasi.

Kalau daring, atau onlie atau dalam jaringan, komunikasi jenis ini memerlukan media dan peralatan jaringan, misalnya bisa saja handphone, Modem, Smartphone, dan atau komputer yang terhubung dengan jaringan lokal maupun menggunakan fiber optik (FO) yang kecepatanya cukup tinggi.

Masing masing komunikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga silahkan digunakan disesuaikan dengan keadaan yang terbaik sesuai keperluan.

Terimakasih telah berkenan membaca artikel kami, kritik dan saran maupun pertanyaan akan sangat kami harapkan agar artikel kami leih bermanfaat dan lebih berkualitas kedepanya.
Jangan lupa like dan share jika menurut anda hal ini bermanfaat dan diperlukan orang lain.


1 komentar untuk "Istilah Penting Dalam Simulasi dan Komunikasi Digital dan Multimedia Part 1, Daring Vs Luring"

  1. ooo ternyata daring dan luring itu sama saja online dan offline, terima kasih atas share nya

    BalasHapus

Berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti untuk pengembangan website www.griyachumaidi.com