Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah dan Nama Bidang Keahlian dan Jurusan SMK Pada Spektrum Keahlian kurikulum 2013 Revisi

Sahabat pembaca www.griyachumaidi.com, dan semoga dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing tulisan yang berjudul Jumlah dan Nama Bidang Keahlian dan Jurusan SMK Pada Spektrum Keahlian kurikulum 2013 Revisiuntuk lebih lanjutnya sebagai berikut :

Permulaan tahun ajaran baru sudah akan segera dimulai, para guru dan pengajar bersiap untuk membuat bahan ajarnya, dan perangkat pengajaran. Bagi ketua jurusan juga memiliki tugas untuk membagi guru produktif untuk mengampu mata pelajaran yang ada di semester yang sudah sebentar lagi masuk sekolahnya. Oleh karena itu bagi guru dan ketua jurusan memerlukan Spektrum PMK , dimana mata pelajaran sudah di petakan menjadi tiap tiap kelas dan tiap tiap semester.


spektrum keahlian smk dibagi menjadi beberapa bidang keahlian seperti berikut ini



dan jumlah program keahlian serta bidang keahlian dapa dilihat pada gambar berikut ini
Gambar Jumlah Bidang Keahlian di SMK dan jurusannya


Dalam sistem pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) , mata pelajaran produktif dan praktek setiap semester mengalami perbedaan, oleh karena itu untuk menyamakan mata pelajaran agar memiliki kesamaan di setiap sekolah di seluruh indonesia, maka dibuatlah acuan pembelajaran yang dikenal dengan istilah Spektrum Pendidikan

Spektrum tidak hanya ada pada kurikulum 2013, karena istilah ini juga sudah dikenal dari tahun tahun sebelumnya yang masih menggunakan Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP), sebagai contoh : spektrum multimedia 2008, spektrum 2011, dan lainya. Untuk kurikulum 2013 dikenal dengan spektrum 2013, dan spektrum 2013 revisi / atau lebih dikenal dengan spektrum PMK 2016.

Spektrum ini disesuikan di setiap bidang kehalian, program keahlian, maupun Kompetensi keahlian. Hal ini memungkinkan ada perbedaan mata pelajaran ataupun jumlah jam pembelajaran disetiap kompetensi keahlian.
Download kumpulan spektrum keahlian teknologi informasi dan komunikasi

berikut ini daftar Spektrum yang dapat anda lihat untuk lebih lenkap dan rinci per kompetensi keahlian.






Terimakasih telah mampir di web www.griyachumaidi.com , semoga bermanfaat dan silahkan share dan berikan komentar anda untuk mendukung kemajuan blog ini dan konten yang bermanfaat lainya

Sumber : PMK 2016 berdasarkan website resmi PSMK (Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan)

Posting Komentar untuk "Jumlah dan Nama Bidang Keahlian dan Jurusan SMK Pada Spektrum Keahlian kurikulum 2013 Revisi"