Penjelasan Lengkap Tentang UJI TBS dan hasilnya Test Bakat Skolastik Puspendik

Sahabat pembaca griyachumaidi.com, dan semoga dalam keadaan Yang Baik, penulis ingin sharing tulisan yang berjudul Penjelasan Lengkap Tentang UJI TBS dan hasilnya Test Bakat Skolastik Puspendik .untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :


Pada tahun 2019 ini puspendik mengadakan program ujian TBS, atau disebut juga Test Bakat Skolastik.  Yang diperuntukkan untuk lulusan SMA SMK mulai tahun 2018/2019 ini dilaksanakan seperti ujian UNBK dnegan menggunakan prasarana server dan klien UNBK , Bagi yang baru mengenal tentang TBS, ada baiknya kita membaca penjelasan puspendik tentang apa itu tbs berikut ini
Apa Itu TBS ?
Apa hasil dari uji tbs ?
Kapan mulai dikembangkan ?

Apa Itu TBS
Penjelasan singkat tentang Tes Bakat Skolastik
Test Bakat Skolastik Puspendik


TBS merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Penggunaan TBS untuk memberikan informasi potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini. Berbeda dari tes prestasi, TBS disusun tidak berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa baik logis maupun analitis.

TBS dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud sejak tahun 1990, yang dalam pengembangannya sedikit banyak mengacu pada pengembangan SAT (Scholastic Aptitude Test). SAT merupakan tes potensi yang digunakan sebagai salah satu alat seleksi masuk perguruan tinggi di Amerika. Salah satu keunggulan TBS adalah prosedur pengembangan butir soal yang sudah terstandar dengan melibatkan tenaga ahli dari beberapa perguruan tinggi, sehingga soal yang dikembangkan merupakan soal yang valid. Soal yang telah diuji kemudian dikelola dalam bentuk bank soal yang terkalibrasi sehingga hasil tes dari beberapa subtes yang berbeda, tahun yang berbeda, dan rakitan atau paket yang berbeda, akan dapat diperbandingkan.

Puspendik mengembangkan TBS dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang terdiri dari 3 subtes. Berikut ini rincian masing-masing subtes TBS:

Subtes Verbal : mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa

Subtes verbal terdiri dari: Sinonim, Antonim, Analogi dan Wacana

Subtes Kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.

Subtes Kuantitatif terdiri dari: Deretan Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.

Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.

Subtes Penalaran terdiri dari: Logis, diagram dan Analitis.

TBS diharapkan dapat digunakan di sekolah-sekolah sehingga sekolah akan memperoleh informasi mengenai potensi belajar siswa didiknya. Akurasi prediksi prestasi siswa pada jenjang/kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil TBS, yang berarti bahwa TBS mempunyai korelasi yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Siswa dengan nilai TBS yang tinggi, maka siswa tersebut tentunya akan mempunyai prestasi belajar yang bagus.

Apa hasil dari uji tbs ?
Hasil ujian dari test bakat skolastik ini menghasilkan skor dari 3 komponen yang diujikan lengkap beserta deskripsi dari skor yang diperoleh, sebagai contohnya sebagai berikut


Identitas peserta ujian seperti terlihat berikut ini, yang meliputi, nama peserta ujian, asal sekolah, tanggal pelaksanaan ujian TBS ( Uji Test Bakat Skolastik )


Identitas Siswa dalam Uji TBS SMA SMK

1. nilai verbal

Selain dari identitas peserta berikut juga dijelaskan masing masing nilainya dari nilai yang pertama yaitu
Contohnya sebagai berikut
Nilai Verbal dalam Uji TBS SMA SMK


Deskripsi kemampuan verbal , dijelaskan kemampuan siswa seperti terlihat pada gambar berikut ini
Deskripsi Nilai Verbal dalam Uji TBS SMA SMK
2. nilai kuantitatif
Contohnya sebagai berikut
Nilai Kemampuan Kuantitatif dalam Uji TBS SMA SMK



Deskripsi kemampuan kuantitatif , dijelaskan kemampuan siswa seperti terlihat pada gambar berikut ini

Deskripsi Nilai Kuantitatif dalam Uji TBS SMA SMK

3. nilai Penalaran
Contohnya sebagai berikut
Nilai Penalaran dalam Uji TBS SMA SMK

Deskripsi kemampuan penalaran , dijelaskan secara rinci seperti terlihat pada gambar berikut ini
Deskripsi Nilai Penalaran dalam Uji TBS SMA SMK
semoga bermanfaat, silahkan di share dan sukai artikel ini agar lebih bermanfaat ke lebih banyak orang lagi, dan agar sampai informasi ini kepada teman anda yang memerlukan 

Sumber : https://puspendik.kemdikbud.go.id/tbs 
Pendaftaran tbs tahap 2


Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Tentang UJI TBS dan hasilnya Test Bakat Skolastik Puspendik"

Posting Komentar

Berikan komentar anda sesuai judul artikel, terimakasih komentar anda membantu perbaikan di website www.griyachumaidi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel sesuai

Artikel Menarik lainya :