Infrastruktur Dan Peralatan Tambahan Yang Diperlukan Saat Pelaksanaan UNBK dan sebaiknya ada

Sahabat pembaca griyachumaidi.com, semoga dalam keadaan Sehat, selamat membaca tulisan yang berjudul Infrastruktur Dan Peralatan Tambahan Yang Diperlukan Saat Pelaksanaan UNBK dan sebaiknya ada.jika ada waktu bacalah hingga selesai.


Pelaksanaan UNBK tidak hanya memerlukan komputer server dan komputer client saja, akan tetapi, pelaksanaan UNBK tahun 2019 ini memerlukan beberapa peralatan pendukung agar proses ujian UNBK berlangsung dengan lancar.

Apa saja peratalatan pendukung tersebut?

langsung saja kita akan mengambil informasi resmi dari website UNBK dimana informasi ini yang sudah pasti tepat dan akurat untuk masalah UNBK. pertanyaanya, pada bagian mana yang menampilkan informasi tentang keperluan lain selain server dan client? dan bagaimana cara mengambil informasi yang ada pada website UNBK?

langsung saja langkahnya sebagai berikut :
1. Buka Website UNBK DISINI 
Tampilan awal website unbk

2. Pilih menu spesifikasi cat UNBK atau pada Disiini 
Memilih Spesifikasi Cat UNBK


Maka terlihat jelas selain spesifikasi server dan spesifikasi client yang selama ini banyak dibahas oleh orang lain tentang peralatan UNBK, ternyata ada peralatan peralatan tambahan yang tidak kalah pentingnya yaitu infrastruktur pendukung yang akan lebih detail dibahas berikut ini:

Infrastruktur Pendukung
Spesifikasi hardware (perangkat keras) Jaringan yang harus disediakan, sebagai berikut:

Kabel              :  Minimal CAT5E 10/100/1000
( ini adalah kabel jaringan atau biasa dikenal dengan kabel UTP atau kabel LAN) gambar dibawah ini hanya sebuah ilustrasi kabel lan, jadi silahkan anda pilih yang sesuai standard atau sesuai kebutuhan anda.
Kabel Lan / kabel UTP

Switch / Hub  : Jumlah minimal 24 port dengan transer rate 10/100/1000.
Switch disebut juga dengan Hub / alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel lan komputer yang satu dengan yang lainya, dengan menggunakan konektor RJ 45, dan biasa menggunakan 24 port yang berarti terdapat 24 lubang untuk konektor RJ 45 , dan artinya ada 24 kabel yang dapat tersambung dengan switch ini
switch / Hub 24 port 
Internet protokol / alamat IP / IP Adress
jaringan lokal wajib menggunakan segmen
dan diatur dalam mode static / input manual.
jaringan internet tidak boleh menggunakan segmen yang sama dengan jaringan lokal.

Perangkat pendukung yang harus disediakan, sebagai berikut:

UPS    :Minimal Untuk server (mampu bertahan +_ 15 menit)
UPS adalah singkatan dari  sebagai alat back up listrik ketika PC atau kehilangan energi dari sumber utamanya, atau bisa dikatakan lagi mati lampu PLN nya. 

UPS ini cukup penting untuk di server sehingga saat mati lampu server akan tetap msih hidup , dan tidak mengakibatkan kerusakan VHD UNBK yang mungkin mati secara tidak normal. walaupun sifatnya yang sementara, UPS dapat memberikan waktu kepada proktor untuk dapat mematikan server atau menunggu suplai Listrik dari sumber lainya, misalnya dari genset.
contoh gambar UPS / Uninterruptible power supply

Genset   : Untuk seluruh perangkat yang dipakai untuk pelaksanaan.

Genset adalah kepanjangan dari Generator set/ mesin pembangkit listrik yang lengkap langsung keluar dalam bentuk arus listrik dnegan tegangan 220 ataupun 110 volt

Genset dalam Pelaksanaan UNBK 2019 ini dapat menjadi sumber listrik cadangan jika kondisi PLN Mati dan belum tentu kapan hidupnya, karena sifat genset ini sebagai cadangan, maka pilihlah genset sesuai dengan kebutuhan masing masing sekolah. jika yang diangkat banyak CPU komputer, mungkin perlu genset yang memiliki daya yang lebih besr.



Monitor/layar besar  : untuk menampilkan hasil tes di luar ruangan tes.
ini hanya diperlukan saat hasil ujian mau ditamilkan juga saat sedang berlangsung, untuk pelasksanaan CAT UNBK , peralatan ini sepertinya tidak digunakan dalam UNBK sekolah.

Monitor/layar/papan tulis   : untuk menampilkan token bagi peserta tes di dalam ruang ujian

Printer   : untuk mencetak dokumen. / dimana yang dicetak antara lain : daftar hadir atau absensi, berita acara pelaksanaan UNBK , laporan dan lain lainya yang dilakukan setiap sesi dan setiap hari serta dokumen pendukung lainya

Contoh sebuah printer, printer yang ada diusahakan bisa untuk Print dan scan sehingga memudahkan saat pelaksanaan UNBK

Scanner   : Untuk memindai dokumen. / men scan dokumen

Jika sudah memiliki printer seperti diatas, yang memiliki mulifungsi, dapat meng copy, scan dan print, maka scanner sudah tergabung fungsinya dengan printer diatas

sedikit informasi ini semoga bermanfaat 


Mungkin cukup ini Infrastruktur Dan Peralatan Tambahan Yang Diperlukan Saat Pelaksanaan UNBK dan sebaiknya ada Terima kasih telah berkunjung di website Griyachumaidi.com berikan komentar anda apakah ini sudah menjawab pertanyaan anda? dan terimakasih telah melihat channel Griya chumaidi sampai jumpa di lain kesempatan jangan lupa subscribe like dan share agar tutorial ini lebih bermanfaat kepada yang lain Terima kasih Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email gratis:

Belum ada Komentar untuk "Infrastruktur Dan Peralatan Tambahan Yang Diperlukan Saat Pelaksanaan UNBK dan sebaiknya ada"

Posting Komentar

Berikan komentar anda sesuai judul artikel, terimakasih komentar anda sangat berarti di website www.griyachumaidi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel